Rangkuman Materi Bahasa Arab Semester Genap
1.
Percakapan tentang Kehidupan Sekolah
اَلمُدَرِّسُ : أَيْنَ التَّلاَمِيْذَ؟
يُوْنُسُ : التَّلاَمِيْذُ فِي الفَصْلِ
اَلمُدَرِّسُ : أَيْنَ الْمَقْصَفَ؟
يُوْنُسُ : اَلْمَقْصَفُ وَرَاءَ الْمَدْرَسَةِ
اَلمُدَرِّسُ : شُكْـرًا
يُوْنُسُ : عَفْوً
|
اَلمُدَرِّسُ : يَا يُوْنُسُ مَا هذَا؟
يُوْنُسُ : هذَا مَعْمَلٌ
اَلمُدَرِّسُ : وَمَا هذِهِ؟
يُوْنُسُ :
هذِهِ مَكْتَبَةٌ
اَلمُدَرِّسُ : أَيْنَ المَعْمَلَ؟
يُوْنُسُ : اَلْمَعْمَلُ أَمَامَ الْمَسْجِدِ
|
مَدْرَسَةٌ
|
Sekolah
|
|
مَعْمَلٌ
|
Laboratorium
|
فَصْلٌ
|
Kelas
|
|
مَيْدَانٌ
|
Lapangan
|
مَسْجِدٌ
|
Mesjid
|
|
إِدَارَةٌ
|
Kantor
|
بَابٌ
|
Pintu
|
|
غُرْفَةُ الأَسَاتِيْذَ
|
Ruang guru
|
مَوْقُفٌ
|
Tempat Parkir
|
|
حَدِيْقَةٌ
|
Taman
|
مَكْتَبَةٌ
|
Perpustakaan
|
|
حَمَّامٌ
|
Kamar
Mandi
|
مَقْصَفٌ
|
Kantin
|
|
مُدِيْرٌ
|
Kepala
sekolah
|
2. Ungkapan waktu / bilangan waktu (عدد الساعة)
Jam
01.00 :
|
السَّاعَةُ
الوَاحِدَةُ
|
Jam
07.00 :
|
السَّاعَةُ
السَّابِعَةُ
|
Jam
02.00 :
|
السَّاعَة
ُالثَّانِيَةُ
|
Jam
08.00 :
|
السَّاعَةُ
الثَّامِنَةُ
|
Jam
03.00 :
|
السَّاعَةُ
الثَّالِثَةُ
|
Jam
09.00 :
|
السَّاعَةُ
التَّاسِعَةُ
|
Jam
04.00 :
|
السَّاعَةُ
الرَّابِعَةُ
|
Jam
10.00 :
|
السَّاعَةُ
العَاشِرَةُ
|
Jam
05.00 :
|
السَّاعَةُ
الخَامِسَةُ
|
Jam
11.00 :
|
السَّاعَةُ
الحَادِيَةَ عَشْرَةَ
|
Jam
06.00 :
|
السَّاعَةُ
السَّادِسَةُ
|
Jam
12.00 :
|
السَّاعَةُ الثَّانِيَةَ عَشْرَةَ
|
Seperempat
jam
|
الرُّبْعُ
|
Setengah
jam (30 menit)
|
النِّصْفُ
|
Lebih
|
وَ
|
Kurang
|
إِلاَّ
|
Tepat
|
تَمَامًا
/ ضَابِط
|
3. Materi Pembelajaran
Nama Hari
Hari Senin
|
يوم الإثنين
|
Hari Selasa
|
يوم الثلاثاء
|
Hari Rabu
|
يوم الأربعاء
|
Hari Kamis
|
يوم الخميس
|
Hari Jumat
|
يوم الجمعة
|
Hari Sabtu
|
يوم السبت
|
Hari Ahad
|
يوم الأحد
|
Nama Tahun
Tahun
Hijriah
|
Tahun
Masehi
|
||
رجب
|
محرم
|
يوليو
|
يَنَايِرِ
|
شعبان
|
صفر
|
اغسطس
|
فَبْرَايِر
|
رمضان
|
ربيع الأول
|
سبتنبر
|
مَارس
|
شوال
|
ربيع الثاني
|
اكتوبر
|
ابريل
|
ذوالقعدة
|
جمادي الأولى
|
نوفمبر
|
مايو
|
ذوالحجة
|
جمادي الثانية
|
ديسنبر
|
يونيو
|
4. Materi Pembelajaran
KELUARGA FAUZIAH
Fauziah memperkenalkan
keluarganya.
Nama
saya Fauziyah
|
إسْمِيْ فَوْزِيَّةٌ،
|
Umur
saya 16 tahun, saya seorang siswi
|
عُمْرِيْ سِتَّ عَشْرَةَ سَنَةً، أَنَا تِلْمِيْذَةٌ،
|
Saya
tinggal di Bandung bersama keluarga saya,
|
أسْكُنُ فِيْ بَانْدُونغ مَعَ أُسْرَتِيْ،
|
Ini
ayahku, namanya Hasan, dia seorang dokter
|
هَذَا أَبِيْ، إِسْمُهُ حَسَنٌ، هُوَ طَبِيْبٌ
|
Dan
ini ibuku, namanya Maryam, dia seorang ibu rumah tangga,
|
وَهَذِهِ أُمِّيْ، إِسْمُهَا مَرْيَمٌ، هِيَ ربّة
البَيْتِ
|
Dan
ini kakak laki-laki saya, namanya Ali, dia seorang Arsitek,
|
وَهَذَا أَخِيْ كَبِيْرٌ، إسْمُهُ عَلِي، هُوَ مُهَنْدِسٌ،
|
Dan ini Adik perempuan saya,
namanya Husna, dia seorang Siswi.
|
وَهَذِهِ أُخْتِيْ صَغِيْرَةٌ، إسْمُهَا حُسْنَى،
هِيَ تِلْمِيْذَةٌ،
|
اَلْمِهْنَةُ (Profesi)
طَالِبٌ
|
Siswa
|
|
طَيَّارٌ
|
Pilot
|
مُدَرِّسٌ
|
Guru
|
|
جُنْدِيٌّ
|
Tentara
|
مُهَنْدِسٌ
|
Insyinyur
|
|
تَاجِرٌ
|
Pedagang
|
طَبِيْبٌ
|
Dokter
|
|
فَلاَّحٌ
|
Petani
|
مُوَظَّفٌ
|
Pegawai
|
|
مُدِيْرٌ
|
Kepala
Sekolah
|
مُمَرِّضٌ
|
Perawat
|
|
رَبَةٌ الْبَيْتِ
|
Ibu rumah
tangga
|
5. Materi Pembelajaran
Isim Mufrod,
Mutsana dan Jama’ (مفرد – مثنى - جمع)
Ø
Isim Mufrod adalah yang menunjukkan
bilangan satu (baik orang, tempat atau benda).
Ø
Isim Mutsana adalah yang menunjukkan
bilangan dua (baik orang, tempat atau benda). Cirinya : ا – ن / ي - ن
Ø
Isim Jama’ adalah yang menunjukkan
kepada banyak atau bilangan lebih dari dua (baik orang tempat atau benda).
Jama’ ada 2
:
Jama’
Mudzakar (untuk laki-laki) cirinya: و – ن / ي - ن
Jama’
Muanats (untuk perempuan) cirinya: ا – ت
Contoh :
جَمْعٌ
(Banyak)
|
مُثَنَى
(Dua)
|
مًُفْرَدٌ
(Tunggal)
|
|
مُؤَنَّثٌ
Perempuan
|
مُذَكَرٌّ
Laki-laki
|
||
-
|
طَالِبُونَ
|
طَالِبَانِ
|
طَالِبٌ
|
Banyak
siswa
|
Dua
orang siswa
|
Seorang
siswa
|
|
طَالِبَاتٌ
|
-
|
طَالِبَتَانِ
|
طَالِبَةٌ
|
Banyak
siswi
|
Dua
orang siswi
|
Seorang
siswi
|
6. Materi Pembelajaran
Kata Sifat (اسم الصفة)
- Shifat (صفة) adalah yang mensifati / memberikan sifat.
- Maushuf (موصوف ) adalah yang disifati / diberi sifat.
- Ketentuan – ketentuan Shifat dan Maushuf :
-
Jika Maushuf (yang disifati)
Mudzakar, maka Shifatnya harus Mudzakar.
Contoh: مِرْسَمٌ طَوِيْلٌ
(Pensil yang panjang)
-
Jika Maushuf (yang disifati)
Muannats, maka Shifatnya harus Muannats.
Contoh: مَدْرَسَةٌ كَبِيْرَةٌ (Sekolah yang besar)
-
Jika Maushuf (yang disifati)
Mufrod, maka Shifatnya harus Mufrod.
Contoh: اَلطَّالِبُ اَلنَّشِيْطُ (Seorang
siswa yang rajin)
-
Jika Maushuf (yang disifati)
Mutsana, maka Shifatnya harus Mutsana.
Contoh: قَلَمَانِ قَبِيْحَانِ (Dua
pulpen yang jelek)
-
Jika Maushuf (yang disifati)
Jama’, maka Shifatnya harus Jama’.
Contoh: المُدَرِّسُونَ اَلْجَدِيْدُوْنَ (Banyak
guru laki-laki yang baru)
-
Jika Maushuf (yang disifati)
memakai “ ال ”, maka Shifatnya harus memakai “ ال ”.
Contoh: اَلْبَيْتُ اَلْقَرِيْبُ (Rumah
yang dekat)
-
Jika Maushuf (yang disifati)
memakai tanwin ( ً ٍ ٌ ), maka Shifatnya harus memakai tanwin (ً ٍ ٌ ).
Contoh: مَكْتَبَةٌ وَاسِعَةٌ (Perpustakaan
yang luas)
7. Materi Pembelajaran
Huruf Jar (حرف الجر)
Dari
|
مِنْ
|
Kadang-kadang
|
رُبَّ
|
Ke
|
إِلَى
|
Dengan
|
بِ
|
Dari
|
عَنْ
|
Seperti
|
كَ
|
Di atas
|
عَلَى
|
Untuk
|
لِ
|
Di / di dalam
|
فِيْ
|
|
|
Contoh :
Saya pergi ke sekolah
|
أَنَا أَذْهَبُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ
|
Ibuku pergi ke pasar
|
أُمِّيْ تَذْهَبُ إِلَى السُّوْقِ
|
Siswa makan di kantin
|
أَكَلَ الطَّالِبُ فِي الْمَقْصَفِ
|
Ayah
datang dari Jakarta
|
جَاءَ الأَبُ مِنْ جَاكَرْتَا
|
8. Materi Pembelajaran
Arah (أسماء الجهات) atau Letak suatu benda (ظرف المكان)
Di depan
|
أَمَامَ
|
Di antara
|
بَيْنَ
|
Di belakang
|
وَرَاءَ / خَلْفَ
|
Di sekitar
|
حَوْلَ
|
Di atas
|
فَوْقَ
|
Di sisi
|
عِنْدَ
|
Di bawah
|
تَحْتَ
|
Di samping
|
جَنْبَ
|
Kanan
|
يَمِيْنَ
|
Di sebelah
|
جَانِبَ
|
Kiri
|
شِمَالَ / يَسَارَ
|
Di sini
|
هُنَا
|
|
|
Di sana
|
هُنَاكَ
|
Barat
|
غَرْبٌ
|
Utara
|
شَمَالَ
|
Timur
|
شَرْقٌ
|
Selatan
|
جَنُوْبَ
|
Contoh :
Sekolah
di depan rumah
|
اَلْمَدْرَسَةُ أَمَامَ الْبَيْتِ
|
Pulpen di atas buku
|
اَلْقَلَمُ فَوْقَ الْكِتَابِ
|
Siswa di sekitar sekolah
|
اَلتِّلْمِيْذُ حَوْلَ الْمَدْرَسَةِ
|
Perpustakaan di belakang sekolah
|
اَلْمَكْتَبَةُ وَرَاءَ الْمَدْرَسَةِ
|
9. Materi Pembelajaran
Arah (أسماء الجهات) atau Letak suatu benda (ظرف المكان)
Di depan
|
أَمَامَ
|
Di antara
|
بَيْنَ
|
Di belakang
|
وَرَاءَ / خَلْفَ
|
Di sekitar
|
حَوْلَ
|
Di atas
|
فَوْقَ
|
Di sisi
|
عِنْدَ
|
Di bawah
|
تَحْتَ
|
Di samping
|
جَنْبَ
|
Kanan
|
يَمِيْنَ
|
Di sebelah
|
جَانِبَ
|
Kiri
|
شِمَالَ / يَسَارَ
|
Di sini
|
هُنَا
|
|
|
Di sana
|
هُنَاكَ
|
Barat
|
غَرْبٌ
|
Utara
|
شَمَالَ
|
Timur
|
شَرْقٌ
|
Selatan
|
جَنُوْبَ
|
Contoh :
Sekolah
di depan rumah
|
اَلْمَدْرَسَةُ أَمَامَ الْبَيْتِ
|
Pulpen di atas buku
|
اَلْقَلَمُ فَوْقَ الْكِتَابِ
|
Siswa di sekitar sekolah
|
اَلتِّلْمِيْذُ حَوْلَ الْمَدْرَسَةِ
|
Perpustakaan di belakang sekolah
|
اَلْمَكْتَبَةُ وَرَاءَ الْمَدْرَسَةِ
|
10. Materi Pembelajaran
Jumlah
Ismiyah (جملة اسمية) dan Jumlah Fi’liyah (جملة فعلية)
§
Jumlah Ismiyah adalah jumlah yang
diawali oleh isim (kalimat yang tersusun dari Subjek + Predikat)
Contoh
: عَلِيٌّ مَرِيْضٌ (Ali Sakit)
مُحَمَّدٌ مُسَافِرٌ (Muhammad Berpergian)
§
Jumlah Fi’liyah adalah jumlah yang
diawali oleh fiil (kalimat yang tersusun dari Predikat + Subjek)
Contoh
: مَرِضَ عَلِيٌّ (Telah sakit Ali /
Ali telah sakit)
سَافَرَ مُحَمَّدٌ (telah berpergian Muhammad/Muhammad
telah berpergian)
11.
Sangat bermanfaat....
BalasHapusTrims, sangat membantu sebagai acuan dan tambahan materi untuk bahan ajar.
BalasHapussama-sama
BalasHapusmateri ini untuk kelas berapa ya ?
BalasHapuskelas satu SMA
HapusTerimakasih,,
BalasHapusMateri sesuai dengan kebutuhan belajar anak. Terimaasih.
BalasHapusBermanfaat sekali ...
BalasHapusBahasa arabnya saya duduk dikelas sebelas bahasa
BalasHapusSyukron
BalasHapusSyukron
BalasHapusTerima kasih atas materinya
BalasHapus