Rabu, 06 Agustus 2014

Contoh RPP Bahasa Arab SMA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan                  : SMAN 11 Bandung
Kelas/Semester                        : Kelas X / Semester Ganjil
Mata Pelajaran                        : Bahasa Arab
Topik                                       : Identitas Diri (Al-Ta’aruf)
Waktu                                     : 6 X 45 menit.
Penyusun                                 : Ade Rahmat H, S.Pd


A.  Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) Bahasa Arab SMA Kelas X :

KI 3    : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
Kompetensi Dasar :
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1 Memahami cara menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih, meminta maaf,  meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri serta cara meresponnya terkait topik identitas diri (al ta’aruf) dan kehidupan sekolah (al hayat fi al madrasah) dengan memperhatikan unsur kebahasaan dan struktur teks yang sesuai konteks penggunaannya.
·      Menyimak wacana sambil memperhatikan model guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya cara menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih, meminta maaf,  meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri.
·      Melakukan tanya jawab sederhana tentang cara menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih, meminta maaf,  meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri.
·      Melafalkan huruf-huruf  hijaiyah, kata dan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan sesuai model ucapan guru/kaset/film.
KI 4    : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar :
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
4.1 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk  merespon perkenalan diri, sapaan, pamitan, ucapan terima kasih, dan permintaan maaf, meminta izin, instruksi secara sederhana terkait topik identitas diri (al ta’aruf) dan kehidupan sekolah (al hayat fi al madrasah) dengan memperhatikan unsur kebahasaan dan struktur teks secara benar dan sesuai konteks.
·      Mencocokkan gambar dengan apa yang didengar.
·      Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan.
·      Merangkaikan huruf-huruf hijaiyah menjadi kata sesuai dengan kaidah.
·      Membandingkan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan orang Indonesia.
·      Menjelaskan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri dalam bahasa Arab
KI 2    : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
Kompetensi Dasar :
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
2.1 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan tema/topik.
·      Menampilkan perilaku santun ketika  didalam maupun diluar sekolah.
·      Memperhatikan dan peduli ketika berkomunikasi dengan guru maupun teman.
·      tidak pernah terlambat dalam mengumpulkan tugas.
·      Bertutur kata yang sopan santun baik kepada teman, guru maupun oranglain.
KI 1    : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
Kompetensi Dasar :
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.    Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
·      Menampilkan perilaku ibadah ritual sesuai dengan agama dan keyakinannya (dibuktikan dengan monitoring sholat dan tadarus Al-quran)
·      Menampilkan perilaku berdo’a dengan khusyu di awal pembelajaran
·      Menampilkan perilaku tawadu selama tadarus

B.       Tujuan Pembelajaran
· Siswa dapat menirukan pelafalan dan intonasinya cara menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih, meminta maaf,  meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri melalui menyimak model guru/kaset/film.
· Siswa dapat Melakukan tanya jawab sederhana tentang cara menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih, meminta maaf,  meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri melalui diskusi.
· Siswa dapat Melafalkan huruf-huruf  hijaiyah, kata dan kalimat melalui menyimak model guru/kaset/film.
· Siswa dapat Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan melalui mencocokan gambar dengan apa yang didengar.
· Siswa dapat Merangkaikan huruf-huruf hijaiyah menjadi kata sesuai dengan kaidah melalui tulisan tangan.
· Siswa dapat Membandingkan dan menjelaskan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan orang Indonesia melalui diskusi dan presentasi.
· Siswa dapat Menampilkan perilaku santun ketika  didalam maupun diluar sekolah.
· Siswa dapat Memperhatikan dan peduli ketika berkomunikasi dengan guru, teman maupun orang lain.
· Siswa dapat mencerminkan tidak pernah terlambat dalam mengumpulkan tugas.
· Siswa dapat mencerminkan Bertutur kata yang sopan santun baik kepada teman, guru maupun oranglain.
· Siswa dapat Menampilkan perilaku ibadah ritual sesuai dengan agama dan keyakinannya (dibuktikan dengan monitoring sholat dan tadarus Al-quran).
· Siswa dapat Menampilkan perilaku berdo’a dengan khusyu di awal pembelajaran
· Siswa dapat Menampilkan perilaku tawadu selama tadarus Al-quran

C.    Materi Pokok
·         Identitas Diri (Al-Ta’aruf).
·         cara menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih, meminta maaf,  meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri.
·         huruf-huruf  hijaiyah, kata dan kalimat

D.    Materi pembelajaran
        Fakta
ü Identitas Diri (Al-Ta’aruf).
        Konsep
ü Cara menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih, meminta maaf,  meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri.
        Prinsip
ü Huruf-huruf  hijaiyah, kata dan kalimat
        Prosedural
E.     Model/Metode Pembelajaran
Model             : Discovery Learning
Metoda           : Scientific Methode (Memahami,  menanya, mengekplorasi, mengasosiasi, Mengkomunikasikan)

F.     Media Pembelajaran : Buku, film, video, kaset dll.
Alat                             : Laptop, infokus, papan tulis, whiteboard dll.
Sumber Belajar         : Buku, Modul, Majalah, Nara sumber dan internet.

G.    Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Salam sapa dan motivasi
2.      Menginformasikan tentang materi yang akan dipelajari
3.      Siswa dibagi kedalam  kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari 6 orang.
10 Menit
Inti
Mengamati:
-        Siswa Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran model guru/kaset/film dengan tepat.
-        Siswa Mengamati cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, , instruksi dan memperkenalkan diri dalam bahasa Arab.
Menanya:
Siswa Melakukan tanya jawab sederhana tentang cara menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih, meminta maaf,  meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri melalui diskusi.
Ekperimen/ Eksplormpu;
Siswa Mencoba melafalkan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan intonasi yang benar..
Asosiasi
Siswa Membandingkan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan orang Indonesia melalui diskusi dan presentasi.
Mengkomunikasikan
Siswa menjelaskan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan orang Indonesia melalui diskusi dan presentasi.

70 Menit
Penutup
1.      Membuat simpulan dan refleksi
2.      Pemberian tugas
3.      Menginformasikan kegiatan untuk pertemuan berikutnya

10 menit


H.    Penilaian
· pengetahuan  melalui tes lisan dan tulis
· Praktik melalui tes tulis dan lisan
· Sikap selama proses pembelajaran dan aplikasinya



Mengetahui,
Kepala Sekolah SMAN 11 Bandung,




Dra. Hj. Dedeh Suatini, M.M.Pd
           NIP. 195910261985032007
Bandung,   Juli 2014
Guru Bahasa Arab,




Ade Rahmat, S.Pd
                 NUPTK. 1661764666110012





LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
Mata Pelajaran                        : Bahasa Arab
Kelas/Semester                        : X / ganjil
Tahun Pelajaran                       : 2013/2014
Waktu Pengamatan                 : 6 x 45 Menit
Indikator sikap perilaku santun dan peduli dalam pembelajaran Identitas Diri (Al-Ta’aruf).
1.      Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran.
2.      Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha ambil bagian dalam pembelajaran  tetapi belum ajeg/konsisten.
3.      Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian  dalam menyelesaikan tugas kelompok  secara terus menerus dan ajeg/konsisten.

Indikator sikap perilaku santun dan peduli dalam kegiatan kelompok.
1.      Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk perilaku santun dan peduli dalam kegiatan kelompok.
2.      Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk perilaku santun dan peduli dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
3.      Sangat baik jika menunjukkan adanya  usaha perilaku santun dan peduli dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten.

Indikator sikap perilaku santun dan peduli terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
1.      Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap perilaku santun dan peduli terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
2.      Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap perilaku santun dan peduli terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
3.      Sangat baik jika menunjukkansudah ada usaha untuk bersikap perilaku santun dan peduli terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
Nama Siswa
Sikap
Aktif
Bekerjasama
Toleran


KB
B
SB
KB
B
SB
KB
B
SB


































































Keterangan: KB = Kurang Baik         B = Baik                 SB = Sangat Baik

Penilaian Kreativitas.



1 komentar: