RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMAN 11
Bandung
Kelas/Semester : Kelas X / Semester
Ganjil
Mata
Pelajaran : Bahasa
Arab
Topik : Identitas Diri (Al-Ta’aruf)
Waktu : 6 X 45
menit.
Penyusun :
Ade Rahmat H, S.Pd
A.
Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) Bahasa Arab SMA Kelas X :
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
|
Kompetensi
Dasar :
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.1
Memahami cara menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih,
meminta maaf, meminta izin, instruksi
dan memperkenalkan diri serta cara meresponnya terkait topik identitas
diri (al ta’aruf) dan kehidupan sekolah (al hayat fi al
madrasah) dengan memperhatikan unsur kebahasaan dan struktur teks yang
sesuai konteks penggunaannya.
|
·
Menyimak wacana sambil
memperhatikan model guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya cara
menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan
diri.
·
Melakukan tanya jawab sederhana
tentang cara menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih, meminta
maaf, meminta izin, instruksi dan
memperkenalkan diri.
·
Melafalkan huruf-huruf hijaiyah, kata dan kalimat sesuai
dengan yang diperdengarkan sesuai model ucapan guru/kaset/film.
|
KI
4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
|
Kompetensi
Dasar :
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
4.1
Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk
merespon perkenalan diri, sapaan, pamitan, ucapan terima kasih, dan
permintaan maaf, meminta izin, instruksi secara sederhana terkait topik identitas
diri (al ta’aruf) dan kehidupan sekolah (al hayat fi al
madrasah) dengan memperhatikan unsur kebahasaan dan struktur teks secara
benar dan sesuai konteks.
|
·
Mencocokkan gambar dengan apa yang
didengar.
·
Menjawab pertanyaan dalam wacana
sederhana secara tertulis/lisan.
·
Merangkaikan huruf-huruf
hijaiyah menjadi kata sesuai dengan kaidah.
·
Membandingkan cara menyapa,
berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri
yang dilakukan oleh orang Arab dengan orang Indonesia.
·
Menjelaskan cara menyapa,
berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri
dalam bahasa Arab
|
KI
2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
|
Kompetensi
Dasar :
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
2.1
Menunjukkan perilaku
santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan
tema/topik.
|
·
Menampilkan
perilaku santun ketika didalam maupun
diluar sekolah.
·
Memperhatikan
dan peduli ketika berkomunikasi dengan guru maupun teman.
·
tidak pernah
terlambat dalam mengumpulkan tugas.
·
Bertutur kata
yang sopan santun baik kepada teman, guru maupun oranglain.
|
KI 1 : Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
|
Kompetensi
Dasar :
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
|
·
Menampilkan perilaku ibadah ritual sesuai dengan
agama dan keyakinannya (dibuktikan dengan monitoring sholat dan tadarus Al-quran)
·
Menampilkan perilaku berdo’a dengan khusyu di awal
pembelajaran
·
Menampilkan perilaku tawadu selama tadarus
|
B.
Tujuan Pembelajaran
· Siswa dapat menirukan pelafalan dan intonasinya cara menyapa,
berpamitan, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan
diri melalui menyimak model guru/kaset/film.
· Siswa dapat Melakukan tanya jawab sederhana tentang cara
menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan
diri melalui diskusi.
· Siswa dapat Melafalkan huruf-huruf
hijaiyah, kata dan kalimat melalui
menyimak model
guru/kaset/film.
· Siswa dapat Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan
melalui mencocokan gambar dengan apa yang didengar.
· Siswa
dapat Merangkaikan huruf-huruf hijaiyah menjadi kata sesuai dengan
kaidah melalui tulisan tangan.
· Siswa dapat Membandingkan dan menjelaskan cara menyapa, berpamitan, terima
kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri yang dilakukan oleh
orang Arab dengan orang Indonesia melalui diskusi dan presentasi.
· Siswa
dapat Menampilkan perilaku santun ketika
didalam maupun diluar sekolah.
· Siswa dapat Memperhatikan dan peduli ketika berkomunikasi dengan
guru, teman maupun orang lain.
· Siswa dapat mencerminkan tidak pernah terlambat dalam mengumpulkan
tugas.
· Siswa dapat mencerminkan Bertutur kata yang sopan santun baik
kepada teman, guru maupun oranglain.
· Siswa dapat Menampilkan perilaku ibadah ritual sesuai dengan agama dan keyakinannya
(dibuktikan dengan monitoring sholat dan tadarus Al-quran).
· Siswa dapat Menampilkan perilaku berdo’a dengan khusyu di awal pembelajaran
· Siswa dapat Menampilkan perilaku tawadu selama tadarus
Al-quran
C. Materi Pokok
·
Identitas Diri (Al-Ta’aruf).
·
cara menyapa,
berpamitan, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan
diri.
·
huruf-huruf hijaiyah, kata dan kalimat
D. Materi pembelajaran
•
Fakta
ü Identitas Diri (Al-Ta’aruf).
•
Konsep
ü Cara menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih, meminta
maaf, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan
diri.
•
Prinsip
ü Huruf-huruf hijaiyah, kata dan
kalimat
•
Prosedural
E. Model/Metode
Pembelajaran
Model : Discovery
Learning
Metoda : Scientific Methode (Memahami, menanya, mengekplorasi, mengasosiasi, Mengkomunikasikan)
F. Media
Pembelajaran : Buku, film, video, kaset dll.
Alat : Laptop, infokus, papan tulis, whiteboard dll.
Sumber
Belajar : Buku, Modul, Majalah, Nara sumber dan internet.
G.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Salam sapa
dan motivasi
2.
Menginformasikan
tentang materi yang akan dipelajari
3.
Siswa dibagi
kedalam kelompok yang masing-masing
kelompok terdiri dari 6 orang.
|
10 Menit
|
Inti
|
Mengamati:
-
Siswa
Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran model guru/kaset/film
dengan tepat.
-
Siswa Mengamati
cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, , instruksi dan
memperkenalkan diri dalam bahasa Arab.
Menanya:
Siswa
Melakukan
tanya jawab sederhana tentang cara menyapa,
berpamitan, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan
diri melalui diskusi.
Ekperimen/ Eksplormpu;
Siswa
Mencoba melafalkan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin,
instruksi dan memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan
intonasi yang benar..
Asosiasi
Siswa
Membandingkan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi
dan memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan orang Indonesia
melalui diskusi dan presentasi.
Mengkomunikasikan
Siswa
menjelaskan
cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan
memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan orang Indonesia
melalui diskusi dan presentasi.
|
70 Menit
|
Penutup
|
1.
Membuat
simpulan dan refleksi
2.
Pemberian
tugas
3.
Menginformasikan
kegiatan untuk pertemuan berikutnya
|
10 menit
|
H.
Penilaian
· pengetahuan melalui tes
lisan dan tulis
· Praktik melalui tes tulis dan lisan
· Sikap selama proses pembelajaran dan aplikasinya
Mengetahui,
Kepala
Sekolah SMAN 11 Bandung,
Dra. Hj. Dedeh Suatini, M.M.Pd
NIP.
195910261985032007
|
Bandung, Juli 2014
Guru Bahasa
Arab,
Ade Rahmat,
S.Pd
NUPTK. 1661764666110012
|
LEMBAR
PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
Mata Pelajaran : Bahasa
Arab
Kelas/Semester : X /
ganjil
Tahun Pelajaran : 2013/2014
Waktu Pengamatan : 6 x
45 Menit
Indikator sikap perilaku santun dan peduli
dalam pembelajaran Identitas Diri (Al-Ta’aruf).
1. Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran.
2. Baik jika
menunjukkan sudah ada usaha ambil
bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten.
3. Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian
dalam menyelesaikan tugas kelompok
secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Indikator sikap perilaku santun dan peduli
dalam kegiatan kelompok.
1. Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk perilaku
santun dan peduli dalam kegiatan kelompok.
2. Baik jika
menunjukkan sudah ada usaha untuk perilaku
santun dan peduli dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
3. Sangat baik jika menunjukkan adanya
usaha perilaku santun dan peduli dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Indikator sikap perilaku santun dan peduli terhadap proses
pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
1.
Kurang
baik jika sama sekali tidak bersikap perilaku
santun dan peduli terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
2.
Baik
jika menunjukkan sudah ada usaha
untuk bersikap perilaku santun dan peduli terhadap proses pemecahan masalah
yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
3.
Sangat baik jika menunjukkansudah ada usaha
untuk bersikap perilaku santun dan peduli terhadap proses pemecahan masalah
yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
|
Nama Siswa
|
Sikap
|
||||||||
Aktif
|
Bekerjasama
|
Toleran
|
||||||||
|
|
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
KB = Kurang Baik B = Baik SB = Sangat Baik
|
Penilaian Kreativitas.
SUBHANALLAH BAGUS SEKALI
BalasHapus